Emoji Emoticon khas jepang

Kita pasti familiar dengan yang namanya emoticon. hampir di semua media komunikasi seperti chating, sms dan lainnya menggunakan emoticon untuk mengekspresikan emosi dengan sebuah gambar kecil, misal saja ekspresi senang dengan gambar muka yang tersenyum. Emoticon sendiri adalah karakter atau kumpulan karakter yang merepresentasikan gambar tadi.

Emoticon yang biasanya kita kenal biasanya merupakan western style dan japanese style. Contoh dari western style adalah seperti emoticon yang digunakan oleh yahoo yaitu : – ) , : – ( , <3 , dan sebagainya. Sedangkan japanese style seperti (^o^) ,  d(^_^)b , (-.-)Zzz , (o.O), dan lain sebagainya. Namun, ada satu jenis emoticon khas jepang yang eksis secara internasional juga, namanya Emoji. Apa itu Emoji?

Emoji adalah bahasa jepang untuk karakter gambar dan biasanya digunakan di pesan elektronik dan webpage jepang ( namun kini telah disupport internasional ). Emoji dalam makna aslinya berarti pictograph, dimana huruf e berarti gambar dan moji berarti huruf. penggunaanya pun sama seperti emoticon, hanya saja dia memiliki rentang emoticon yang sangat banyak serta memiliki icon yang terstandarisasi. Namun demikian, ada beberapa jenis encode ( mekanisme mengubah karakter/kode dari sebuah karakter menjadi gambar) untuk setiap emoji. Setahu saya, yang paling sering dipakai adalah encode dari DoCoMo ( digunakan oleh blackberry) dan SoftBank ( digunakan oleh Iphone jika tidak salah). Namun masih ada encode lain seperti au, KDDI, dan google ( sepengetahuan penulis hanya ini, mungkin masih ada encode yang lain).

Tiap encode yang berbeda, memiliki gambar icon yang berbeda ( namun tetap dalam icon yang standard), misalkan pada docomo, unicode ( karakter/huruf dalam bentuk unicode ) U+E63E merupakan representasi dari Icon matahari, namun pada softbank, icon matahari memiliki unicode yang berbeda, yaitu U+E04A. Hal inilah yang menyebabkan beberapa device atau web yang memiliki encode yang berbeda menjadi tidak konsisten menampilkan emojinya ( muncul emoji yang berbeda atau tidak muncul sama sekali, menurut pengalaman penulis ). Berikut adalah daftar list emoji dari beberapa encoding nya, list. Berbeda dengan emoticon yang biasanya menggunakan beberapa karakter, emoji hanya menggunakan satu karakter yang tiap karakter tersebut memiliki besar 3 byte.

Lalu dimana kita bisa menggunakan emoji? Di beberapa device sudah mendukung emoji, seperti blackberry, iphone, android ( dengan melakukan beberapa instalasi untuk mendukung emoji ) dan tentu saja di web page yang sudah mendukung emoji. Jika teman-teman pernah menggunakan whatsapp, maka teman-teman kemungkinan pernah menggunakan emoji, karena emoticon list yang disediakan pada whatsapp merupakan emoji ( penulis menggunakan whatsapp android), sehingga dia memiliki banyak sekali emoticon yang dapat digunakan ( coba copy emoticon yang digunakan pada whatapp dan paste pada sms lalu kirim, lihat apa yang terjadi ).

Mungkin hanya sekian yang bisa saya share karena terbatasnya pengetahuan  :hammers . Semoga bisa bermanfaat

referensi : wikipedia.org

 

:iloveindonesia

emoji list

emoji list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>