Setting Email Omega Stikom di Android

Temen-temen yang kuliah di kampus yang saya sebutkan di atas pasti punya email yang diberikan oleh kampus. Memang email ini jarang di akses (termasuk saya juga jarang). Namun tidak ada salahnya kita tetap membuka email ini dalam kurun waktu tertentu karena informasi penting dari kampus biasanya dikirim ke sini, sebagai contoh, perpus akan mengirimkan notifikasi ke email ini jika ada buku yang harus dikembalikan (lumayan mengantisipasi denda).

Bagi temen-temen yang memiliki device android (atau device lain yg support email) dapat mengakses email ini langsung dari aplikasi email di devicenya. Masalahnya timbul saat setting applikasi tersebut. Jika temen-temen merasa kesulitan mensetting aplikasi email di android atau hanya sekedar ingin tahu, silahkan baca post ini lebih jauh.
:travel

Pertama, buka aplikasi “email” bawaan dari android (jika menggunakan yang lain, silahkan menyesuaikan). Kita akan diminta memasukkan User dan pasword dari email kita, masukkan user panjang (s080113@si.stikom.edu) dan paswordnya (password sicyca, jika belum pernah diubah). Jika sudah, klik next.

Pada layar berikutnya kita akan diminta memilih tipe dari account email yang akan kita buat. Untuk kasus ini, silahkan pilih POP3. Kemudian kita harus mensetting Incoming server dari account kita. silahkan masukkan data seperti berikut dan klik Next.

  • Username: Username email full (s080113@si.stikom.edu)
  • Password: Password email (jika belum diubah, sama dengan password sicyca)
  • POP3 Server: omega.stikom.edu
  • Port: 110
  • Security type: TLS (Accept all certif.)
  • Delete email fr server: never

Langkah selanjutnya adalah mensetting Outgoing Server dari account. Masukkan data berikut.

  • SMTP Server: omega.stikom.edu
  • Port: 25
  • Security type: none
  • Centang checkbox Require sign-in

Selanjutnya tentukan inbox check frequency dan klik next. Langkah terakhir, isikan nama Account, misal:EmailKampus dan isikan nama kita (terlihat nantinya di email keluar) lalu klik Done.

Secara otomatis kita akan masuk ke inbox dari email kita dan seluruh email di mark unread :cd

Sekarang secara otomatis kita akan mendapat notifikasi pada status bar jika ada email masuk ke account kampus kita. Semoga ini membantu dan tidak ada lagi denda perpus (apalagi sampai 10ribu seperti saya)
:mewek2



NB: untuk gambar menyusul, lagi sok sibuk :) karena besok rilis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>